#MovieReview – The Martian


The_Martian_film_posterKeputusan untuk menonton film ini memang berdasarkan dari rating IMDB yang gw liat, yaitu 8.5. Cuma berharap aja ngga mengecewakan…
Akhirnya berdua sama Rika memutuskan untuk nonton di Lotte Mall Bintaro jam 21.00 walaupun berisiko ngantuk plus besokannya masih harus kerja. Tapi ya udah lah… Jarang-jarang nonton juga kok, palingan besok agak telat bangunnya.

Setelah duduk tenang dengan perut kenyang hasil memamah biak di Haikara Sushi, barulah gw sadar bahwa directornya itu Ridley Scott, yang sudah pernah memberikan kontribusinya di film-film besar seperti Alien, Gladiator, Black Hawk Down, American Gangster, dan Prometheus sebagai prequel dari Alien. Memang sih di filmnya terakhir menurut gw agak kurang sreg aja di Exodus : Gods and Kings, soalnya implementasinya ngga berdasarkan literasi yang gw pahami. But anyway, dengan pengalamannya di Alien dan Prometheus, dan info umum bahwa film ini bercerita tentang luar angkasa, gw cukup punya ekspektasi banyak lewat film ini. Mungkin ada Alien yang keluar, atau tegangnya kejar-kejaran perang, dll. Tapi eh tapi film yang gw tonton ini ngga sesuai dengan ekspektasi gw.

Yup, ngga sesuai, tetapi in a good way. Ngga nyangka juga kalau Ridley Scott bisa buat film yang cukup intense seperti ini dengan memadukan unsur survival dengan misi-misi penyelamatan luang angkasa. Kalau buat gue pribadi film ini campuran Gravity, Buried, 127 Hours di unsur survival, Alien, Interstellar di unsur outer space experience, Armageddon, ID4 di unsur outer space mission. Bagus??? Sangat bagus menurut gw!!! Rational Science Fiction menurut gw.

Dari visual ngga ada yang terlalu canggih, tapi dari emosional yang ingin dibangun menurut gw sangat dapet. Psikologis Watney, sebagai seorang survivor, psikologis team mate di Hermes berkaitan dengan kondisi temannya, dan psikologis team di bumi terhadap kondisi Watney, semuanya saling melengkapi.

Kalau dari pemain, ada banyak pemain terkenal yang terlibat, seperti Matt Damon sebagai Watney, ada juga Chastain, Wiig, dan Daniels. Yang menonjol menurut gw adalah Chastain (commander , Daniels, Bean, Ejoifor dan tentunya Damon sendiri.

Ya… Ngga usah panjang lebar lagi deh, langsung aja tonton. Gw pribadi ngasih angka 9 out of 10. Jadi mudah2an ngebantu untuk jadi referensi ya. 🙂

Leave a Reply

