#Notes – Tak Usah Banyak Bicara Trus Kerja Keras


“Sudi tetap berusaha jujur dan kuat
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri”

 

Gw rasa ngga banyak yang tahu bait ke dua dari lagu “Bangun Pemudi Pemuda”. Umumnya legu tersebut hanya dinyanyikan bait pertamanya saja. Satu minggu setelah meninggalnya Ompung, gw coba untuk baca-baca lagi lirik lagu tersebut, dan memang benar apa yang dituliskan Ompung dalam lagu tersebut dilaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Gw hanya mencoba untuk menginterpretasikan lirik dari bait ke dua dari lagu tersebut menurut versi gw.

 

Sudi tetap berusaha jujur dan kuat.
Kata sudi memiliki makna bersedia, suka, mau, rela. Ketika kata sudi ditempatkan dibagian awal kata berusaha, maka kata tersebut sepertinya ingin memperkuat bahwa berusaha itu adalah “keinginan”, “kemauan”, dan “kerelaan” sehingga bukan merupakan paksaan dari orang atau pihak lain. Kata jujur dan kuat menjadi keterangan di bagian akhir untuk memberikan penjelasan tambahan, jujur berarti usaha tersebut tidak dengan cara tidak jujur atau menipu, sementara kuat berarti usaha tersebut dilakukan dengan kemampuan terbaik yang kita miliki. Bahasa versi gw untuk baris pertama ini “Mau secara konsisten berusaha dengan jujur serta kemampuan terbaik yang dimiliki”

 

Tak usah banyak bicara trus kerja keras.
Tidak perlu banyak bicara hal-hal yang tidak penting, hindari berbicara hal-hal buruk tentang orang lain, hentikan berbicara negatif. Berbicara tanpa tindakan atau kerja adalah kosong. Sebaiknya energi yang biasanya digunakan untuk berbicara dialihkan menjadi energi yang dipergunakan untuk bekerja. Bila ada energi sisa, lanjutkan kerja keras tersebut. Bahasa gw untuk baris ke dua ini “Stop berbicara yang tidak penting, alihkan seluruhnya untuk berkarya lebih baik lagi.”

 

Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih.
Semuanya bermula dari hati, hati lah pertama kali perlu dijaga karena dari sana akan muncul tindakan-tindakan. Hati harus teguh dan lurus, artinya kita harus memiliki hati nurani yang tetap dan tidak berubah, tidak berbelok-belok dan sesuai dengan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran. Setelah hati kita juga harus memperhatikan pikiran, pikiran harus jernih tidak mudah terpengaruh, karena ketika sudah terbiasa memikirkan hal-hal yang tidak baik nantinya akan berpengaruh dan mengubah nilai-nilai yang sudah ditetapkan hati. Bahasa gw untuk baris ke tiga ini “Jaga hati untuk tetap teguh dan lurus sesuai dengan nilai kebenaran dan kebaikan, jernihkan pikiran dari hal-hal yang tidak baik.”

 

Bertingkah laku halus hai putra negri.

Bertingkah laku halus bukan berarti lembek. Bertingkah laku halus bukan berarti tidak tegas. Bertingkah laku halus artinya sopan, memiliki etika dalam bertindak, tidak menyukai kekerasan. Bahasa gw untuk baris ke empat “Beretikalah dalam melakukan segala sesuatu rakyat Indonesia.”

 

Mau secara konsisten berusaha dengan jujur serta kemampuan terbaik yang dimiliki
Stop berbicara yang tidak penting, alihkan seluruhnya untuk berkarya lebih baik lagi
Jaga hati untuk tetap teguh dan lurus sesuai dengan nilai kebenaran dan kebaikan, jernihkan pikiran dari hal-hal yang tidak baik
Beretikalah dalam melakukan segala sesuatu rakyat Indonesia

Yup, itulah interpretasi gw dari lirik yang sudah dibuat oleh Ompung. Itulah pesan Ompung untuk bangsa Indonesia ini. Sekarang saatnya generasi yang lebih muda untuk meneruskan perjuangan bangsa ini!!

Tuhan memberkati generasi muda Indonesia. 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s