#Juventus – Last season player statistics


Ah, mari kita bermain data tahun lalu pemain Juventus sekarang. Lagi iseng akhirnya mencoba cari data di beberapa website, walaupun masih belum lengkap dan akurat. Kalau ada data-data baru, nanti kita update lagi. Intinya, analisis data ini dibuat hanya untuk melihat alternatif dan preferensi yang ada di tim Juventus untuk starting line up yang ideal. Yuk mari langsung dicek datanya:


Dari data di atas Buffon dilapis dengan Storari sepertinya sudah cukup. Agak kesulitan mencari data Rubinho di internet, data terakhir malahan menunjukan bahwa satu musim kemarin Rubinho sama sekali tidak dipasang.  Mudah-mudahan saja Buffon bisa perform seperti musim lalu. Ada baiknya untuk pertandingan Serie A kelas 2 dan Piala Itali, Storari  dipasang secara rutin agar Buffon bisa istirahat. Storari juga sebenarnya ngga buruk kok, terbukti di pertandingan pertama lawan Parma bisa membuat beberapa save.

Kalau melihat data yang disajikan, Barzagli, Chiellini, Lucio merupakan tiga pemain bertahan yang bermain lebih dari 3000 menit, 34game, denga rata-rata lebih dari 85 menit/game. Lichtsteiner dan Bonucci menjadi alternatif untuk rotasi ketika jadwal pertandingan cukup penuh. Sementara PDC dan Caceres kemungkinan besar akan menjadi cadangan bila ada salah satu dari pemain tersebut mengalami cedera. Kemungkinan besar Trio Chiellini, Bonucci dan Barzagli akan tetap dipertahankan di serie A, sementara Lucio fokus di Liga Champions dan beberapa pertandingan penting di seria A. Lichtsteiner akan lebih sering dimainkan ke depan untuk bisa membantu penyerangan atau ditempatkan di belakang kanan bila Juventus menggunakan formasi 4 pemain belakang. Masi kemungkinan akan dipinjamkan kembali, sementara Ziegler masih belum jelas masa depannya, jadi ngga dibahas. Sejauh ini dengan 7 pemain bertahan ini seharusnya barisan belakang Juventus cukup aman. Sebagai catatan saja, semoga cidera yang dialami Chiellini tidak berlarut-larut sehingga bisa performancenya bisa baik seperti tahun lalu, karena akan sulit bila nantinya bila hanya mengandalkan Lucio untuk berlaga di dua kompetisi.

Serie A (3) Chiellini-Bonucci/Lucio-Barzagli, (4) Chiellini-Bonucci-Barzagli-Lichtsteiner

Champions (3)Chiellini-Lucio/Bonucci-Barzagli, (4) Chiellini-Lucio-Barzagli-Lichtsteiner

Italian Cup (3)PDC-Bonucci-Barzagli, (4) Caceres-Bonucci-Barzagli-Lichtsteiner

Di bagian ini Juve harus menang supaya gelar Serie A bisa tetap di tangan dan bisa menunjukan performance bagus di Champions. Untuk pemain tengah, jumlah menit dalam musim terakhir diambil minimal 2000 menit, dengan minimal 75 menit/game. Dari filtering tersebut Asamoah, Marchisio, Pirlo, dan Vidal muncul di atas. Sementara kalau menitnya diturunkan menjadi 70 menit/game nama Pepe muncul. Asamoah kiri, Pepe kanan, MVP di tengah. Kelihatannya tidak akan banyak berubah dengan tahun lalu. Asamoah dengan determinasi dan pergerakan tanpa bolanya menjadi faktor penting untuk variasi Juve menyerang dari kiri. Untuk melapisi kanan kiri, ada Giach, Padoin dan Isla yang sebenarnya juga bermain dengan menit cukup banyak di musim lalu. Sementara di tengah Marrone dan Pogba menjadi alternatif pengganti apabila ada salah satu dari MVP yang tidak bisa dimainkan. Pogba perlu dicermati, dengan postur tubuhnya yang tinggi seharusnya bisa memenangkan duel bola atas di lapangan tengah. Semoga saja Pogba bisa mendapatkan kesempatan setidaknya rutin tampil di Piala Italia. Martinez sama Pazienza ngga dibahas, karena dua-duanya juga masih belum jelas kelanjutannya di Juventus. Kalau dilihat dari produktivitas, average goal per menit Pepe, Vidal, Asamoah, dan Marchisio menempati empat teratas, jadi bila memang Juventus berniat untuk menyerang, pemasangan keempat orang ini rasanya tepat. Sementara untuk pengumpan di tengah sudah pasti Pirlo ada di urutan teratas diikuti oleh Pepe.

Serie A (5) Asamoah-Marchisio-Pirlo-Vidal-Pepe/Isla (4) Asamoah-Marchisio-Pirlo-Vidal/Pepe (3) Marchisio-Pirlo-Vidal/Pepe

Champions (5) Asamoah-Marchisio-Pirlo-Vidal-Pepe (4) Asamoah-Marchisio-Pirlo-Vidal/Pepe (3) Marchisio-Pirlo-Vidal/Pepe

Italian Cup (5) Giaccherini-Marchisio/Pogba-Pirlo/Marrone-Vidal-Isla/Padoin (4) Giaccherini-Marchisio/Pogba-Pirlo/Marrone-Isla/Padoin (3) Giaccherini-Marchisio/Pirlo-Isla


Untuk Striker, dari data statistik, sebaiknya lebih baik tidak meninggalkan Seba. Sebab Seba memiliki menit bermain paling banyak di musim lalu dibandingkan dengan pemain lainnya. Semoga saja Seba tidak dihantui dengan cedera seperti yang terjadi pada pertandingan pertama melawan Parma. Sementara itu Seba juga didukung statistik jumlah goal dan assist terbanyak untuk barisan penyerang yang saat ini dimiliki oleh Juventus. Nah, untuk ditempatkan sebagai penyerang murni Matri, Vucinic, dan Bendtner harus rebutan. Kalau mencari striker utama dengan postur tinggi Bendtner adalah pilihan utamanya. Kekurangannya memang Bendtner merupakan pembelian diakhir-akhir jedela transfer, sehingga masih belum diuji coba dalam beberapa pertandingan. Bila dalam dua-tiga pertandingan Bendtner tidak bisa menunjukan kemampuannya, kelihatannya Bendtner akan menjadi cadangan sepanjang musim. Sementara pilihan ke dua bila melihat data Vucinic memiliki tinggi lebih dari pada Matri dan Quag. Didukung dengan jumlah goal serta assist yang cukup banyak, rasanya Vucinic bisa menjadi lapir Bendtner. Matri dan Quag mejadi pilihan ke tiga dan ke empat. Posisi akan berubah ketika Seba tidak bisa bermain, maka Vucinic seharusnya menjadi pengganti Seba untuk bisa mensuplai bola ke depan. Untuk alternatif tiga penyerang kelihatannya akan agak sulit, kemungkinan besar Pepe yang ada di tengah dimajukan untuk menyerang dari sayap kanan.

Serie A : (2) Giovinco/Vucinic, Bendtner/Matri/Vucinic

Champions : (2) Vucinic/Giovinco, Bendtner/Matri/Vucinic

Italian Cup : (2) Vucinic/Quag

Selesai sudah analisis per lini. Sekarang untuk formasi keseluruhan. Biasanya Conte akan menggunakan formasi favorit 3-5-2 yang bisa berubah jadi 4-4-2 saat bertahan atau 3-4-3 saat menyerang.

Formasi paling ideal menurut gw adalah 3-5-2 dengan pemain:

Buffon-Chiellini-Bonucci-Barzagli-Asamoah-Marchisio-Pirlo-Vidal-Pepe-Giovinco-Bendtner

Dengan formasi ini, Asamoah juga berperan jadi wing back dan Barzagli ditarik agak ke kanan. Sementara Pepe di tengah kanan bisa berperan menjadi penyerang sayap kanan. Alternatif yang cukup mirip dengan ini adalah pergantian Asamoah di kiri dengan Lichtsteiner di kanan. Chiellini di tarik ke kiri, sementara Marchisio di sayap kiri, walaupun daya gedor Lichtsteiner tidak sebaik Asamoah.

Fiuhhh.. Kelar juga deh mainan datanya. Semoga aja Juventus bisa perform baik setidaknya sebelum akhir tahun, supaya di tengah musim kemudian melakukan pembelian lagi untuk bisa nambah performa tim.

Good night then.

#forzajuve

@jon_da

Advertisements

2 thoughts on “#Juventus – Last season player statistics

  1. Appreciating the time and effort you put into your blog and in depth information you offer.
    It’s awesome to come across a blog every once in a while
    that isn’t the same old rehashed information. Wonderful read!
    I’ve bookmarked your site and I’m including your RSS feeds to my Google account.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s