#Notes – Being Responsible for Your Choices


Ada jutaan, miliaran, bahkan triliunan pilihan yang kita miliki sepanjang kita hidup. Mulai dari pilihan untuk bangun pagi atau tidak, pilihan jalan pada saat beraktivitas, pilihan untuk menikah, pilihan untuk berkeluarga, dll. Setiap pilihan pasti akan memiliki suatu akibat bagi diri kita masing-masing, bisa positif atau negatif.

Bila kita berbicara mengenai pilihan, seringkali kita terfokus kepada persiapan ketika kita mau mengambil sebuah pilihan. Result atau hasil dari sebuah pilihan bergantung pada analisa kita sebelum mengambil pilihan tersebut. tapi apa benar seperti itu?

Buat Saya ada hal penting yang juga perlu diperhatikan.

Bertanggung jawab ataas pilihan yang sudah dipilih.

Maksudnya bertanggung jawab itu apa? Bertanggung jawab adalah melaksanakan hasil pilihan kita dengan upaya terbaik kita. Banyak orang tidak sadar, ketika mereka sedang menjalankan pilihan mereka akan suatu hal dan menemukan hal-hal yang mengecewakan dan tidak sesuai ekspektasi, maka semangat mereka akan turun, makin lama makin tidak ada antusiasme, akhirnya mencari pembenaran bahwa pilihan tersebut bukan merupakan pilihan yang terbaik.

Pernahkah kita sadar, bahwa dalam mengambil suatu pilihan, jalani sampai titik terakhir. Jangan di tengah jalan lalu menyerah. Sadarkah bahwa pilihan tersebut merupakan hasil analisa kita, bukan hasil analisa orang lain? Dengan berhenti di tengah jalan artinya kita sendiri sudh menganggap diri kita gagal.

Satu hal yang Saya pelajari ketika sama masih kuliah. Bahwa kegagalan sering kali diakibatkan memang karena kita tidak optimal, bukan karena hasil analisa yang salah. Ketika saya menghadapi kesulitas pada waktu studi, Saya mencoba mencari pembenaran bahwa jurusan yang Saya pilih adalah salah dan tidak sesuai dengan bidang yang Saya mau. Saya sulit beradaptasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai-nilai Saya yang sangat buruk. Dalam pandangan Saya, orang yang pintar di tempat yang pas pasti akan langsung mendapatkan nilai baik. Tapi ternyata dalam kenyataan pun seseorang harus tetap belajar.

Pada saat Saya merasa kecewa terhadap pilihan yang sudah Saya buat, Seseorang mengingatkan Saya dengan keras, bahwa ini adalah pilihan yang telah Saya pilih dan Saya harus berrtanggung jawab untuk menyelesaikan pilihan Saya apapun resultnya. saya pun terbangun sejak itu. Pola pikir Saya harus berubah, segala sesuatu tidak akan berjalan dengan sendirinya, tetapi harus tetap disertai oleh usaha. Dan ternyata terbukti, bahwa dengan perubahan pola pikir tersebut Saya pun perlahan bisa memperoleh hasil yang diharapkan, bahkan melebihi.

Saya sendiri tidak tahu apa jadinya kalau Saya mengalami kegagalan. tapi yang Saya syukuri adalah Saya berhasil menyelesaikan pilihan Saya, baik dengan hasil memuaskan, mau pun yang belum atau pun tidak memuaskan. Satu hal saja : bertanggungjawablah untuk pilihan yang telah diambil. šŸ™‚

Leave a Reply

