#MovieReview – Once


Once

Once

Film independen dengan budget sekitar US$ 160.000 ini berhasil mendapatkan revenue US$20,710,513. Berhasil?? Pastinya. Penasaran juga ngeliat reviewnya, akhirnya memutuskan untuk nonton.

Kekuatan film ini memang dalam memadukan cerita yang simple dengan musik yang menarik. 🙂 Memang ngga kurang dari lima lagu yang dinyanyiin dalam film ini. Baru tau kalau ternyata lagu “Falling Slowly” menang penghargaan Academy Award : Best Original Score.

Film berdurasi kurang dari 90 menit ini mengisahkan pertemuan dua orang, pria dan wanita (dalam film ini memang tidak ada namanya, :p) yang memiliki ketertarikan sama, yaitu dalam hal musik. Si pria merupakan pemusik jalanan yang memainkan gitar, dia juga memiliki bakat untuk menulis dan membuat komposisi lagu. Suatu ketika pria tersebut bertemu dengan seorang wanita yang menganggap bahwa musik yang dimainkan si pria. Setelah melakukan diskusi pendek, ternyata si pria juga seorang mekanik, dan akhirnya si wanita pun berjanji untuk membetulkan vacuum cleaner miliknya pada hari berikutnya.

Hari berikutnya, keduanya pun bertemu. Karena si pria harus memperbaiki di rumahnya, maka mereka berdua pun mengarah ke rumah si pria. Dalam perjalanan mereka saling bercerita. Mereka pun sempat mampir di salah satu toko musik, di mana si wanita memainkan piano. Pas saat itulah keduanya menyanyikan lagu “Falling Slowly”. Cerita pun berlanjut dengan si wanita yang pergi ke rumah si pria untuk memperbaiki vacuum cleanernya.

Singkat cerita keduanya memutuskan untuk melakukan rekaman musik-musik mereka dengan mengajak teman-teman pemusik jalanan. Pemiliki studio rekaman yang awalnya mengecilkan grup ini ternyata berbalik untuk menyenanginya. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, si pria dan wanita ini semakin dekat. Apakah yang akan terjadi berikutnya? Sebaiknya ditonton sendiri ya. Ngga seru kalau diceritain. 🙂

Momen yang paling gw inget adalah ketika keduanya ada di toko musik dan untuk pertama kali menyanyikan “Falling slowly” hanya dengan menggunakan gitar dan piano. Ngga tau kenapa kayaknya chemistry mereka berdua dapet banget. Btw, untuk lagu-lagu yang ada dalam film ini memang dinyanyikan oleh keduanya ya. Glen Hansard dan Markéta Irglová. Glen Hansard sendiri merupakan anggota dari band The Frames yang terkenal di Irlandia, sementara Markéta memiliki kemampuan untuk memainkan piano. Lagu “Falling slowly” pun merupakan lagu yang memenangkan Academy Award : Best Original Song.

Film ini direkomendasiin untuk yang seneng film-film dengan elemen musik yang kuat.

OVERALL SCORE : 8/10

Advertisements

4 thoughts on “#MovieReview – Once

  1. Ha! Beruntung agan tidak menceritakan isi pilem secara keseluruhan 🙂 jd masih tetep penasaran yg baca.

    Kebetulan di pekan ini ada rencana untuk nonton film ini.
    Review agan melengkapi review2 yang sdh ane baca, di imdb film ini jg punya rate yang bagus.

  2. Pingback: [Movie Review] ONCE « u.b.r.i.u.m

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s