#MovieReview – Mission : Impossible – Ghost Protocol


Mission:Impossilbe - Ghost Protocol

Mission:Impossilbe - Ghost Protocol

Mumpung baru nonton filmnya langsung di review ajah dari pada lupa detailnya.

Credit untuk film ini menurut gw adalah Tom Cruise. Mission:Impossible secara khusus Ethan Hunt bener-bener udah diasosiasikan dengan Tom Cruise. Bahkan sampai saat ini menurut gw masih belum ada yang punya kapasitas bisa gantiin Tom Cruise di Mission:Impossible. Apalagi di film terakhir ini Tom Cruise juga hadir jadi produser barengan J.J. Abrams.

Cerita dimulai dengan pembunuhan agen Hanaway oleh pembunuh bayaran Moreau. Kemudian cerita berlanjut dengan usaha pembebasan Ethan Hunt dari salah satu penjara di Rusia oleh kedua temannya, Carter dan Dunn. Ternyata usaha keduanya tidak semudah itu karena Hunt punya agenda pribadi dengan menyelamatkan salah satu tahanan. Pada akhirnya Hunt berhasil membawa Bogdan, tahanan yang dipercaya merupakan seorang infroman.

Selanjutnya cerita beralih ke tugas yang diberikan oleh IMF untuk Hunt dan teman-temannya, yaitu melakukan pencurian terhadap data Cobalt di Kremlin. Ternyata bersamaan dengan tugas yang sedang dilaksanakan, ada satu grup lagi yang memiliki tujuan sama yaitu mengambil data-data tersebut. Hunt dan teman-teman yang sudah berada di dalam kemudian melarikan diri. Walaupun sudah berhasil melarikan diri, ternyata sebuah bom diledakan di Kremlin yang juga menyebabkan Hunt mengalami cedera.

Bom di Kremlin tersebut memicu ketegangan antara AS dan Rusia, sehingga IMF pun akhirnya dimatikan yang disebut juga sebagai status “Ghost Protocol”. Hal ini disampaikan oleh sekretaris yang menyampaikan langsung ke Hunt yang baru saja melarikan diri ke rumah sakit. Dalam penyampaian pesan tersebut, sekretaris ditemani oleh Brandt, yang merupakan analis di tim IMF. Sesaat setelah diinformasikan mobil yang ditumpangi oleh Hunt diserang oleh kelompok tidak dikenal, yang menyebabkan Hunt dan Brandt harus melarikan diri.

Cerita kemudian berlanjut dengan tugas-tugas berikutnya, dimana Hunt dan teman-teman harus mendapatkan kode nuklir yang dipercaya akan memicu peperangan antara AS dan Rusia. Kode yang dimiliki oleh Moreau rencananya akan dijual ke Hendricks yang ditemani Wistorm. Adalah tugas Hunt dan teman-teman untuk mencegah transaksi tersebut dan mengupayakan agar tidak terjadi perang.

Ceritanya sebenarnya cukup simple dan tipikal agen rahasia, tetapi lokasi shooting yang berpindah-pindah membuat film ini menjadi menarik. Mulai dari Rusia, kemudia ke Dubai, sampai ke Mumbai. Penggarapan detail eksekusi film juga memuaskan sekali. Peralatan canggih yang memang tipikal film Mission:Impossible dikeluarkan di film ini, termasuk dengan mobil-mobil yang keren. Pengaturan ketegangan film juga patut dicontoh oleh film-film lainnya. 🙂 Buat gw, film terakhir yang tegang dari awal sampai akhir adalah Inception di tahun 2010, dan baru film ini dengan genre action yang bisa membuat gw puas.

Ternyata usia yang hampir mencapai 50 tahun tidak menjadikan Tom Cruise beralih ke film-film drama ataupun action yang minim aksi. Dengan hanya dibantu oleh Jeremy Renner (Brandt), Simon Pegg (Dunn)
Paula Patton (Carter) yang bukan merupakan bintang besar ternyata dapat menaikkan mutu film ini.

OVERALL SCORE : 9/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s